Pages

Cari Blog Ini

Kamis, 31 Januari 2013

Tips Mengatasi Demam Panggung




Tampil didepan orang banyak terkadang bagi sebagian orang adalah hal yang menakutkan, dalam keseharian kita terkadang kita terpaksa memberanikan diri untuk tampil di depan orang banyak baik untuk presentasi pelajaran sekolah/kuliah, ikut lomba pidato/menyanyi, sampai presentasi di depan relasi kerja kita. Rasa gugup ini sering kita dengar dengan kata demam panggung. Demam panggung tentu saja bisa dilatih dengan beberapa cara sebagai berikut.

Jaga Kecepatan Bicara
Jaga ritme berbicara agar tetap stabil, jangan berbicara terlalu cepat. Jberbicara terlalu cepat akan sulit untuk mengerti orang lain. Kebanyakan pembicara yang memiliki rasa percaya diri tinggi akan bicara perlahan tanpa kehilangan fokus.

Kembangkan Bahasa
Kamu bisa melatih diri untuk mengembangkan kosakata, sebaiknya jangan bicara berlebihan karena dapat membuat kamu terlihat kurang cerdas. Begitu pun bila kerap menggunakan banyak istilah dalam pilihan kata, hanya untuk membuat kamu tampak berwibawa.

Gunakan Diafragma
Bicaralah melalui diafragma (rongga dada) karena dapat memberi kamu resonansi suara serta proyeksi.

Buka Tangan
Gunakan bahasa tubuh yang memperlihatkan telapak tangan menghadap ke atas. Ini kan memberi kesan keterbukaan.

Pelihara Kontak Mata
Pelihara kontak mata dengan lawan bicara kamu, ini dapat melatih kamu agar kehilangan fokus saat berbicara di muka umum.

Berdiri Tegak
Cobalah untuk tetap berdiri tegak setiap berbicara di depan umum, tak perlu menyimpan tangan kamu dalam saku celana dan selalu tersenyum dengan tulus.

Buang Beberapa Kata
Hilangkan kebiasaan mengatakan “Eee…”, “Apa itu”, atau “Anu”, karena penggunaan frase kata ini akan membuat kamu terlihat tak percaya diri dan profesional

Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

diseret bolanya pake Cursor!

Ads 468x60px

Featured Posts